Strategi Pemasaran Produk Pertanian

produk pertanian

Pemasaran adalah aktivitas apa pun yang mengarahkan Anda untuk menjual produk. Ketika Anda memutuskan produk apa yang akan dijual, berapa harga yang diminta, di mana dan bagaimana menjualnya, dan bagaimana mempromosikannya, Anda sedang memasarkan. Strategi Anda adalah cara Anda melakukan sesuatu — bagaimana Anda akan memenuhi tujuan Anda menjual hasil panen tahun ini. Bergantung pada jenis dan ukuran pertanian Anda, dan apakah Anda bertani penuh atau paruh waktu, Anda memiliki beberapa opsi untuk memasarkan operasi Anda.

Pertanian organik
Pertanian organik adalah strategi produk — ini menentukan jenis produk yang Anda jual. Petani memilih pertanian organik karena beberapa alasan. Mereka mungkin percaya pada konsep makanan organik dan bersedia bekerja keras untuk mencapai dan mempertahankan standar organik. Selain itu, konsumen telah menunjukkan kesediaan untuk membayar lebih untuk makanan organik, yang menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar daripada makanan pertanian konvensional, bahkan jika Anda memiliki areal yang lebih sedikit.

Pasar Petani
Menjual di pasar petani adalah strategi distribusi dan penjualan yang ideal jika Anda adalah produsen pertanian kecil atau menengah. Ini juga bisa menjadi batu loncatan ke pasar yang lebih besar jika Anda ingin tumbuh, tetapi dengan popularitas pasar ini, banyak petani menjual di pasar yang berbeda setiap akhir pekan dalam jarak yang wajar dari pertanian mereka. Ini memungkinkan Anda untuk menjual beberapa jenis produk, menyediakan resep, dan menawarkan sampel rasa. Manfaat lainnya adalah operator pasar atau komunitas lokal menangani sebagian besar promosi, menghemat waktu dan uang Anda.

Pusat Makanan
Food hub adalah usaha kerjasama antar petani di suatu wilayah tertentu. Dengan menggunakan model ini, Anda menangani strategi pemasaran harga, penjualan, dan promosi Anda. Manajer hub menangani logistik penjualan ke konsumen atau pelanggan komersial, dan memberi Anda — penanam — komitmen untuk membeli sejumlah produk Anda. Strategi pemasaran ini memungkinkan bisnis pertanian yang lebih kecil untuk berbagi dan meminimalkan risiko, sementara juga memungkinkan mereka untuk bersaing sebagai kelompok dengan grosir makanan besar.

Pertanian yang Didukung Masyarakat
Cobalah pertanian yang didukung masyarakat sebagai strategi penjualan dan penetapan harga jika Anda adalah operasi kecil yang membutuhkan arus kas yang andal untuk mempertahankan operasi Anda. Dengan CSA, Anda menawarkan saham di peternakan Anda kepada sebanyak mungkin orang yang dapat didukung oleh peternakan Anda. Mereka membayar bagian mereka setiap tahun sebelum panen Anda, dengan imbalan sejumlah makanan. Ini bisa berupa satu kotak sayuran, atau satu kotak seminggu — tergantung pada langganan atau keanggotaan mereka, dan berapa banyak yang dapat Anda hasilkan. Promosikan CSA Anda dengan taktik online seperti media sosial, situs web, dan email.

sumber : smallbusiness.chron.com

related post : MEMBUAT DAN MENJAGA TANAH TETAP SUBUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *